Bahasa
inggris adalah bahasa Internasional yang memiliki peranan penting dalam dunia
global. Sebagai bahasa Internasional, Bahasa inggris digunakan untuk
menyampaikan berbagai macam informasi global di berbagai media. Tidak dapat
dipungkiri bahwa kehadirannya dalam dunia global mengharuskan kita untuk mampu
menguasai bahasa inggris. Oleh sebab itu, saat ini Bahasa Inggris dijadikan
kurikulum khusus di pendidikan Sekolah Dasar sehingga Bahasa Inggris untuk anak
usia dini pun terus berkembang untuk membantu anak lebih siap menghadapi
pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat selanjutnya.
Mengajar
bahasa inggris di Pendidikan Usia Dini (PAUD) bukanlah perkara yang mudah. Sebagai
guru bahasa Inggris PAUD, saya pernah mengalami frustasi. Saya bingung karena
anak-anak sulit mengikuti pembelajaran. Mereka ribut dengan sendirinya, tidak
memperhatikan apa yang saya sampaikan dan kelas menjadi kacau. Disini saya
menyadari bahwa saya harus mengubah cara penyampaian pembelajaran yang
membosankan menjadi lebih kreatif dan menyenangkan.
Ada
dua tahap metode pembelajaran kreatif dan menyenangkan yang saya terapkan:
1.
Opening dengan permainan-permainan
yang edukatif yang melatih motorik dan konsentrasi anak-anak. Dalam tahap ini,
diharapkan agar anak-anak siap menerima pembelajaran bahasa Inggris dengan
perasaan yang gembira dan penuh semangat. Jika anak-anak merasa gembira dan
semangat, maka mereka bisa menangkap informasi yang diterima dengan mudah.
Sebelum pembelajaran dimulai, saya mengajak
anak-anak untuk bermain dengan cara bernyanyi dan menggerakkan tubuh sesuai
dengan lirik yang kita nyanyikan. Misalnya:
Up and down and shake
shake shake
(Tangan ke atas –
tangan ke bawah – tangan di pinggang dan menggoyangkan pinggul)
Up and down and shake
shake shake
(Tangan ke atas –
tangan ke bawah – tangan di pinggang dan menggoyangkan pinggul)
Shake to the right
and shake to the left
(Goyangkan tangan ke
kanan – goyangkan tangan ke kiri)
Turn around and shake
shake shake
(tangan di atas
sambil memutarkan badan – tangan di pinggang dan menggoyangkan pinggul)
Untuk membuat permainan ini lebih
menyenangkan sekaligus melatih motorik dan konsentrasi anak-anak, maka lagu
tersebut harus dinyanyikan dalam berbagai versi kecepatan; lambat, sangat
lambat, sedang, cepat dan sangat cepat. Gerakan mereka juga harus mengikuti
kecepatan lagu yang dinyanyikan. Hasilnya, anak-anak merasa gembira, siap dan
terlihat penuh semangat untuk mengikuti pembelajaran bahasa inggris inti.
2.
Pembelajaran
inti. Hal yang perlu diperhatikan dalam
tahap ini adalah membuat anak-anak berpikir bahwa mereka tidak sedang dalam
belajar tetapi anak-anak menganggap bahwa mereka sedang bermain. Salah satu
contoh yaitu ketika dalam menyampaikan materi bertema transportasi. Saya
memeperkenalkan mereka jenis-jenis transportasi dalam bahasa inggris melalui
lagu seperti berikut:
Mobil
Car Bus Bus
Kapal
Ship Truk Truck
Sepeda
Bycicle...
Becak
Pedicab
Pesawat
Aeroplane
Kereta
Api Train...
Lalalalalalala...
Lalalalalalala...
Lalalalalalala...
Lalalalalalala...
Lirik di atas
dinyanyikan dengan nada seperti yang terdapat pada lagu “Di sini senang di sana
senang” sambil bertepuk tangan dan dilakukan berkali-kali sampai mereka hafal. Selain
itu, dalam pembelajaran inti ini, kelas kemudian dibagi menjadi dua kelompok
dimana tiap kelompok memperebutkan juara sebagai kelompok yang paling
bersemangat menyanyikan lagu di atas. Dengan cara ini, anak-anak terlihat
sangat antusias dan terpacu untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar. Keaktifan
anak inilah yang menjadi kunci keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris.
Pada akhir
pembelajaran, diadakan evaluasi berupa sesi pertanyaan mengenai materi yang
telah disampaikan. Bagi yang bisa menjawab benar, diberikan reward berupa bintang yang ditempelkan
di papan penilaian. Sebagian besar dari mereka mampu menjawab pertanyaan yang
diberikan dengan benar yang berarti mereka telah menangkap materi bahasa
inggris yang disampaikan dengan baik.
Perlu
diingat, dunia anak adalah dunia bermain. Maka penyampaian materi dengan
bermain merupakan cara yang sangat bagus agar mendapatkan hasil belajar yang
maksimal. Dengan bermain, anak-anak memiliki semangat. Hasil belajar yang baik
dapat diwujudkan jika anak-anak mengikuti proses belajar dengan perasaan
gembira dan penuh semangat. Dengan begitu, anak-anak tidak akan merasa bosan,
cuek, dan dapat dengan mudah menangkap materi yang disampaikan. Kesimpulannya,
Metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan ini sangat bagus untuk
mendapatkan hasil belajar bahasa Inggris anak yang maksimal.
No comments:
Post a Comment
Tinggalkan Jejak, Please. . . =)