Friday, February 19, 2016

MENGAJAR BAHASA INGGRIS TK : BERMAIN DAN BELAJAR



Bahasa inggris adalah bahasa Internasional yang memiliki peranan penting dalam dunia global. Sebagai bahasa Internasional, Bahasa inggris digunakan untuk menyampaikan berbagai macam informasi global di berbagai media. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadirannya dalam dunia global mengharuskan kita untuk mampu menguasai bahasa inggris. Oleh sebab itu, saat ini Bahasa Inggris dijadikan kurikulum khusus di pendidikan Sekolah Dasar sehingga Bahasa Inggris untuk anak usia dini pun terus berkembang untuk membantu anak lebih siap menghadapi pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat selanjutnya. 

Mengajar bahasa inggris di Pendidikan Usia Dini (PAUD) bukanlah perkara yang mudah. Sebagai guru bahasa Inggris PAUD, saya pernah mengalami frustasi. Saya bingung karena anak-anak sulit mengikuti pembelajaran. Mereka ribut dengan sendirinya, tidak memperhatikan apa yang saya sampaikan dan kelas menjadi kacau. Disini saya menyadari bahwa saya harus mengubah cara penyampaian pembelajaran yang membosankan menjadi lebih kreatif dan menyenangkan.
Ada dua tahap metode pembelajaran kreatif dan menyenangkan yang saya terapkan:
1.    Opening dengan permainan-permainan yang edukatif yang melatih motorik dan konsentrasi anak-anak. Dalam tahap ini, diharapkan agar anak-anak siap menerima pembelajaran bahasa Inggris dengan perasaan yang gembira dan penuh semangat. Jika anak-anak merasa gembira dan semangat, maka mereka bisa menangkap informasi yang diterima dengan mudah.
Sebelum pembelajaran dimulai, saya mengajak anak-anak untuk bermain dengan cara bernyanyi dan menggerakkan tubuh sesuai dengan lirik yang kita nyanyikan. Misalnya:

Up and down and shake shake shake
(Tangan ke atas – tangan ke bawah – tangan di pinggang dan menggoyangkan pinggul)
Up and down and shake shake shake
(Tangan ke atas – tangan ke bawah – tangan di pinggang dan menggoyangkan pinggul)
Shake to the right and shake to the left
(Goyangkan tangan ke kanan – goyangkan tangan ke kiri)
Turn around and shake shake shake
(tangan di atas sambil memutarkan badan – tangan di pinggang dan menggoyangkan pinggul)

Untuk membuat permainan ini lebih menyenangkan sekaligus melatih motorik dan konsentrasi anak-anak, maka lagu tersebut harus dinyanyikan dalam berbagai versi kecepatan; lambat, sangat lambat, sedang, cepat dan sangat cepat. Gerakan mereka juga harus mengikuti kecepatan lagu yang dinyanyikan. Hasilnya, anak-anak merasa gembira, siap dan terlihat penuh semangat untuk mengikuti pembelajaran bahasa inggris inti.

2.    Pembelajaran inti.  Hal yang perlu diperhatikan dalam tahap ini adalah membuat anak-anak berpikir bahwa mereka tidak sedang dalam belajar tetapi anak-anak menganggap bahwa mereka sedang bermain. Salah satu contoh yaitu ketika dalam menyampaikan materi bertema transportasi. Saya memeperkenalkan mereka jenis-jenis transportasi dalam bahasa inggris melalui lagu seperti berikut:
Mobil Car Bus Bus
Kapal Ship Truk Truck
Sepeda Bycicle...
Becak Pedicab
Pesawat Aeroplane
Kereta Api Train...
Lalalalalalala... Lalalalalalala...
Lalalalalalala... Lalalalalalala...
Lirik di atas dinyanyikan dengan nada seperti yang terdapat pada lagu “Di sini senang di sana senang” sambil bertepuk tangan dan dilakukan berkali-kali sampai mereka hafal. Selain itu, dalam pembelajaran inti ini, kelas kemudian dibagi menjadi dua kelompok dimana tiap kelompok memperebutkan juara sebagai kelompok yang paling bersemangat menyanyikan lagu di atas. Dengan cara ini, anak-anak terlihat sangat antusias dan terpacu untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar. Keaktifan anak inilah yang menjadi kunci keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris.
Pada akhir pembelajaran, diadakan evaluasi berupa sesi pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan. Bagi yang bisa menjawab benar, diberikan reward berupa bintang yang ditempelkan di papan penilaian. Sebagian besar dari mereka mampu menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar yang berarti mereka telah menangkap materi bahasa inggris yang disampaikan dengan baik.
Perlu diingat, dunia anak adalah dunia bermain. Maka penyampaian materi dengan bermain merupakan cara yang sangat bagus agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Dengan bermain, anak-anak memiliki semangat. Hasil belajar yang baik dapat diwujudkan jika anak-anak mengikuti proses belajar dengan perasaan gembira dan penuh semangat. Dengan begitu, anak-anak tidak akan merasa bosan, cuek, dan dapat dengan mudah menangkap materi yang disampaikan. Kesimpulannya, Metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan ini sangat bagus untuk mendapatkan hasil belajar bahasa Inggris anak yang maksimal.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejak, Please. . . =)